Kurikulum Manajemen Komunikasi S2

Kekhususan Manajemen Komunikasi S2

 

Struktur Kurikulum Jumlah SKS
Mata Kuliah Wajib 30
Peminatan 12
Jumlah 42

 

Peminatan

  • 1. Komunikasi Promosi dan Pemasaran
  • 2. Komunikasi Korporasi
  • 3. Manajemen Komunikasi Politik
  • 4. Manajemen Media

 

Mata Kuliah Wajib :

  • Perspektif dan Teori Komunikasi Massa
  • Metodologi Penelitian Komunikasi
  • Manajemen Strategi Komunikasi
  • Perspektif & Teori Komunikasi
  • Teori Organisasi dan Manaj. Komunikasi
  • Statistik Komunikasi
  • Reading Course
  • Seminar Proposal
  • Tesis

 

Mata Kuliah Peminatan Manajemen Media :

  • Teknologi Industri Komunikasi
  • Komunikasi Organisasi
  • Ekonomi Media
  • Manajemen Media

 

 

Mata Kuliah Peminatan Komunikasi Promosi dan Pemasaran :

  • Ekonomi Manajerial Industri Komunikasi
  • Komunikasi Organisasi
  • Perencanaan dan Kebijakan Pemasaran
  • Manajemen Komunikasi Promosi dan Pemasaran

 

 

Mata Kuliah Peminatan Komunikasi Korporasi :

  • Ekonomi Manajerial Industri Komunikasi
  • Komunikasi Organisasi
  • Manajemen Kehumasan
  • Perencanaan dan Evaluasi Program Komunikasi

 

 

Mata Kuliah Peminatan Komunikasi Politik :

  • Media dan Dinamika Kekuatan Politik
  • Pemasaran Politik
  • Etika Komunikasi Politik
  • Media & Perilaku Memilih

 

SIK 81053  Perspektif dan Teori Komunikasi Massa  (3 sks):

Kegiatan perkuliahan ini dititikberatkan pada pendalaman konsepsi, perspektif, pendekatan, model-model serta teori-teori komunikasi massa. Pokok bahasan mencakup kajian analitis dan kritis tentang kerangka teoritis dan konseptual, implikasi metodologis serta aplikasinya baik dalam situasi dan kondisi di Indonesia ataupun dalam konteks regional dan global. Prof. Sasa Djuarsa Sendjaja, PhD.

SIK 81051 Perspektif dan Teori Komunikasi  (3 sks):

Membahas tentang (1) konsepsi, perspektif, dan perkembangan ilmu komunikasi sebagai ilmu pengetahuan yang bersifat multidisipliner, (2) teori dan model-model komunikasi serta, (3) aplikasinya dalam mengamati berbagai fenomena dan permasalahan komunikasi dalam tataran individu, kelompok dan organisasi serta makro-sosial, baik dalam konteks nasional, regional ataupun global. Prof. Dr. Ilya R. Sunarwinadi, MSi

SIK 81179 Metodologi Penelitian Komunikasi (3 sks):

Membahas struktur logika suatu penelitian, khususnya dalam perspektif klasik (positivistik) yang didasarkan pada hypothetico-deductive method, dan komponen-komponen dalam disain penelitian klasik, seperti : permasalahan, kerangka pemikiran, teori, hipotesis, pengukuran, validitas, dan reliabilitas pengukuran, serta kaitan logis antara komponen-komponen tersebut. Dibahas pula beberapa metode penelitian, metode pengumpulan data, pengantar metode analisis data kuantitatif ataupun kualitatif. Pada semester ini, mahasiswa diharapkan telah mampu melakukan evaluasi penelitian serta menyusun satu rancangan penelitian.  Dr. Pinckey Triputra MSc., Drs. J. Bestian Nainggolan, MSi., Dr. Endah Triastuti, MA

SIK 81187 Manajemen Strategi Komunikasi (3 sks)

Kuliah ini  bertujuan memberikan bekal pengetahuan teoritis dan kemampuan analitis dengan orientasi strategik dalam memahami berbagai permasalahan pokok bisnis termasuk bisnis di bidang komunikasi. Materi perkuliahan mencakup konsep dan penerapan formulasi, implementasi dan evaluasi (kontrol) strategi bisnis melalui pendekatan pasar dan sumber daya, serta teknik-teknik (tools) manajemen strategik yang efektif dan efisien. Para mahasiswa diharapkan bisa membahasnya dalam konteks program komunikasi Prof. Dr. Ferdinand Saragih, MA.

SIK 92042 Statistik Komunikasi ( 3 sks):

Tujuan khusus matakuliah ini adalah memberi bekal ketrampilan memahami serta melakukan analisis statistik bivariat serta multivariat, dengan mengacu pada teknik-teknik statistik yang dipergunakan dalam SPSS (Statistical Package for Sosial Scientists), mencakup elaboration analysis, multiple regression, path analysis, factor analysis, discriminant analysis, dan cluster analysis, serta beberapa tehnik analisis lain. Dr.  Pinckey Triputra MSc., Drs. Bestian Nainggolan, MSi.

SIK 82123 Teori Organisasi dan Manajemen  Komunikasi ( 3 sks )

Kuliah ini didisain untuk, Pertama :  memberikan pengetahuan tentang konsep-konsep dasar serta perangkat analisis studi organisasi; kedua: memberikan pemahaman dasar pengelolaan organisasi yang berkaitan langsung dengan aspek manajerial; ketiga: mengkaji kompleksitas dan asumsi dasar yang melatarbelakangi aspek-aspek sosial, ekonomi, kultural dan aspek lainya dalam membangun suatu  organisasi yang efektif.  Prof. Dr. Martani Huseini, MBA.

SIK 82124 Ekonomi Manajerial Industri Komunikasi (3 sks)

Membahas paradigma pasar sebagai sistem koordinasi dalam masyarakat yang mencakup kajian berbagai alat analisis mekanisme pasar, asumsi dasar, serta kendala bekerjanya mekanisme pasar. Secara khusus perkuliahan dipersiapkan agar mahasiswa mampu menjelaskan dasar-dasar  mekanisme pasar sebagai mekanisme koordinasi, pembuatan keputusan manajerial, perilaku konsumen, analisis permintaan, fungsi produksi, konsep biaya untuk pengambilan keputusan, penetapan harga, keputusan iklan dan promosi serta kompetisi. Prof. Dr.  Ferdinand Saragih MA., Drs. Henry Faisal Noor, MSc

SIK 80118 Teknologi  Industri Komunikasi (3 sks)

Pemahaman tentang kemajuan teknologi serta pengaruhnya terhadap perkembangan industri media dan komunikasi merupakan prasyarat dalam manajemen komunikasi Abad 21. Kuliah ini menelaah perkembangan berbagai jenis industri komunikasi dan informasi, dari industri muatan (content) sampai ke industri penghantar dan pra-sarana (infrastruktur) – termasuk industri media (media massa tradisional, media baru dan multimedia), industri informasi, indistri jasa komunikasi – dalam kaitan dengan perkembangan teknologi. Dengan kuliah ini, mahasiswa diharapkan dapat memahami/mengikuti perkembangan industri dan teknologi komunikasi, serta tantangan yang ditimbulkannya terhadap ekonomi serta manajemen komunikasi, informasi dan media. Prof. M. Alwi Dahlan, PhD., Dr. Irwansyah MA

SIK 82116 Komunikasi  Organisasi (3 sks)

Menjelaskan dan menganalisis fungsi, struktur, dan proses, komunkasi dalam kehidupan organisasi dan kelompok. Setelah mengikuti perkuliahan, mahasiswa diharapkan memiliki kemampuan untuk menganalisis, dan mengembangkan sistem komunikasi formal maupun informal sebagai cermin nilai-nilai budaya kebersamaan (corporate culture) demi effektivitas dan effisiensi organisasi melalui penciptaan iklim komunikasi dan peningkatan morale maupun commitment karyawan. Prof. Andre Hardjana, PhD.

SIK 80166 Studi Mandiri / Reading Course (3 sks)

Studi Mandiri (yang mengambil bentuk sebagai Reading Course) berfungsi untuk mempercepat proses penyusunan tesis, khususnya dalam merumuskan permasalahan (atau tujuan penelitian), Kerangka Pemikiran (baik conceptual framework, ataupun theoretical framework) melalui suatu tinjauan kepustakaan. Karenanya, produk yang diharapkan dari para peserta dari studi mandiri (di bawah bimbingan Pembimbing Reading Course) adalah suatu hasil tinjauan kepustakaan yang dituangkan dalam sebuah rancangan penelitian yang siap disajikan untuk Seminar Rancangan Tesis.

SIK 81186 Ekonomi Media (3 sks)

Kuliah ini dirancang untuk memberi pengetahuan dasar bagi mahasiswa dalam melihat dan menganalisis bisnis media dengan menggunakan prinsip kaidah dan teori-teori ekonomi. Bahasan teori dan konsep dikaitkan dengan perkembangan industri media, mulai dari yang tradisional (media cetak, televisi) sampai yan berbagai macam media baru dalam era perkembangan teknologi informasi saat ini. Pembahasan difokuskan pada pemahaman mengenai perilaku (behavior), struktur , lingkup, dan kinerja bisnis industri media. Bahasan diperkaya dengan diskusi berbagai aspek yang terkait dengan bisnis media, seperti pengaruh teknologi, pasar dan persaingan, integrasi vertikal dalam pasar, serta regulasi yang membatasi bisnis ini .  Dr. Pinckey Triputra, MSc., Drs.  Henry Faisal Noor, MSc

SIK 81169 Manajemen Komunikasi Promosi dan Pemasaran (3 sks)

Membahas Konsepsi, strategi dan manajemen komunikasi promosi dan pemasaran. Pokok nahasan mencakup : (1) konsepsi, karakteristik, serta peran komunikasi promosi dan pemasaran, (2) analisis pasar dan segmentasi, (3) targeting dan positioning, (4) analisis produk dan perilaku konsumen, (5) strategi dan manajemen program komunikasi pemasaran terpadu, (6) analisis dan perencanaan pesan, (7) perencanaan media dan bauran promosi, (8) komunikasi pemasaran produk non-komersial, serta (9) aplikasi penelitian komunikasi promosi dan pemasaran.  Prof. Sasa Djuarsa Sendjaja, PhD., Dr. Ir. Firman Kurniawan Sudjono, MSi

SIK 81195 Perencanaan & Evaluasi Program Komunikasi (3 sks)

Kuliah ini bertujuan memberikan pengetahuan teoritis, kemampuan analitis, dan keterampilan praktis untuk merencanakan dan mengevaluasi program komunikasi secara sistematis. Kuliah akan menggunakan perspektif teoretis maupun manajerial dengan mengandalkan pengajaran, diskusi, dan contoh kasus. Penekanan pada perspektif praktis ditunjukkan dengan mengikutsertakan dosen tamu dari kalangan komunikasi strategis, baik yang sosial maupun komersial. Prof. Andre Harjana, PhD., Dr. Nia Sarinastiti, MA

SIK 81109 Manajemen Media ( 3 sks)

Membahas berbagai aspek manajemen suatu perusahaan industri media, baik industri televisi, radio, film, ataupun periklanan, serta kaitannya dengan berbagai faktor regulasi yang ikut mempengaruhi dinamika industri media. Melalui kuliah ini diharapkan para peserta berpeluang untuk memperkaya pengetahuan konseptual dan teoretik dengan pengalaman empiris para pelaku industri media. DR. Ishadi S.K., MSc

SIK 81110 Perencanaan dan Kebijakan Pemasaran (3 sks)

Pembahasan mencakup metode dan teori-teori analisis peluang perencanaan dan pemasaran, analisis pasar konsumen dan bisnis, konsep pengorganisasian kegiatan pemasaran, dan pengembangan strategi pemasaran. Lebih lanjut juga dibahas masalah perencanaan produk, pemasaran jasa, perencanaan harga dan saluran pemasaran, serta audit strategi pemasaran. Selain itu akan dibahas pula konsep-konsep pemasaran kontemporer. Prof. Dr. Martani Huseini, MBA.

SIK 81111 Manajemen Public Relations (3 sks)

Perkuliahan selain akan akan diarahkan untuk membahas ruang lingkup fungsi PR, keterkaitan PR dengan berbagai elemen manajemen, praktek-praktek kerja PR, termasuk praktek PR untuk CEOs, maka akan diarahkan pula pada pembahasan spesifik mengenai hubungan antara PR dengan investor, pers, dan unsur-unsur sosial lainnya. Disamping itu akan diketengahkan pula konsep-konsep, teori-teori, dan kasus-kasus manajemen krisis, dan kode etik PR. Prof. Dr. Harsono Suwardi, MA., Dr. Effy Rusfian, M.Si

SIK 82119 Pemasaran Politik (3 sks)

Membahas teori-teori dan pendekatan dalam kajian fernomena yang kini sering disebut sebagai pemasaran politik, dan membahas kasus-kasus empirik pemasaran politik (pemasaran ide-ide politik, partai politik, kandidat politik dsb.) di  Indonesia, khususnya dalam era liberalisasi politik pasca Orde Baru, dengan asumsi para mahasiswa telah memahami konsep-konsep pemasaran secara umum.  Dr. Pinckey Triputra, MSc

SIK 80123 Media dan Perilaku Pemilih (3 sks)

Mata kuliah ini memperkenalkan kepada mahasiswa berbagai  konsep, teori, dan pendekatan dalam  kajian  tingkah laku politik, khususnya yang menyangkut pilihan politik yang dilakukan individu dalam pemilihan umum, serta konribusi atau intervensi media terhadap individu dalam proses menentukan pilihan politiknya  Kajian  lebih lanjut akan didasarkan pada kasus-kasus dalam konteks politik di Indonesia, baik dalam periode Orde Baru ataupun periode pasca Orde Baru. Prof. Dr. Maswardi Rauf

SIK82125  Media dan Dinamika Kekuatan Politik (3 sks)

Pada kuliah ini dibahas mengenai hubungan antara media dan politik dengan memperkenalkan konsepsi media sebagai mediated democracy dalam mempengaruhi keputusan-keputusan politik, dan perimbangan kekuatan politik yang kemudian mempengaruhi proses-proses media dalam memproduksi isi yang terkait dengan isu politik. Juga diperkenalkan bagaimana kapasitas ekonomi dan budaya yang dimiliki partai politik atau politisi memanfaatkan media dalam mempengaruhi persepsi masyarakat. Prof. Dr. Ikrar Nusa Bhakti.

SIK 81116 Etika Komunikasi Politik (3 sks)

Kuliah ini akan menyoroti bagaimana ilmu komunikasi menjadi “ilmu normal” dalam pengertian filsafat ilmu Thomas Kuhn, bagaimana pandangan tentang komunikasi sebagai transmisi sebagaimana ditegaskan oleh filsuf empirisme John Locke dan para pakar komunikasi seperti Claude Shanon, Warren Weaver, Wilbur Schramm dan Nobert Wiener, menjadi “core” dari program riset komunikasi – meminjam istilah filsuf ilmu Imre Lakatos. Mengikuti Michel Foucault, kuliah ini juga menyoroti “kekuasaan” yang bermain dan memiliki kepentingan di balik “core” dari program riset “normal” dari ilmu komunikasi itu. Selanjutnya, diajukan beberapa “resistensi” dalam bentuk pandangan-pandangan alternatif tentang hakikat komunikasi. Akan diuji tiga pandangan yang masing-masing mendasarkan diri pada fenomenologi Edmund Husserl, pada hermeneutika Hans-Georg Gadamer, dan pada teori kritis Jurgen Habermas. Prof. Dr. Alois Agus Nugroho

SIK 80188 Seminar  Proposal Tesis ( 3 sks)

Setiap mahasiswa, secara individual, menyajikan dan mempertahankan rancangan tesis mereka dihadapan rekan-rekan mahasiswa lain dan dosen penguji. Hasil penyajian akan menentukan layak tidaknya mahasiswa yang bersangkutan melangkah ke tahap penyusunan tesis lebih lanjut.

SIK 80199 TESIS (6 sks)

Proses penyusunan tesis secara resmi dapat dimulai setelah mahasiswa memenuhi seluruh persyaratan mata kuliah wajib dan pilihan, telah menyelesaikan  reading course dan dinyatakan lulus dalam seminar proposal penelitian  tesis. Penulisan tesis dilakukan dibawah bimbingan seorang Pembimbing yang ditetapkan oleh Program Pascasarjana