Kurikulum Doktoral

Kurikulum Jenjang Doktoral

 

Struktur Kurikulum Jumlah SKS
Mata Kuliah Wajib Program Studi 41
Pilihan 9
Jumlah 50

 

Mata Kuliah Wajib :

  • Seminar Perspektif dan Teori Komunikasi
  • Seminar Perspektif dan Teori komunikasi Massa
  • Seminar Filsafat dan Etika Komunikasi
  • Seminar Proposal
  • Colloqium
  • Desertasi

 

Mata Kuliah Pilihan :

  • Sem. Kajian Budaya dan Media
  • Sem. Komunikasi Antar Budaya
  • Sem. Media dan Konstruksi Sosial
  • Sem. Teori-Teori Kritis
  • Sem. Industri Budaya
  • Teori Komunikasi Dalam Organisasi
  • Seminar Kajian Industri  Hiburan
  • Sem. Media dalam Teori-Teori Sosial
  • Sem. Ekonomi Politik Media
  • Sem. Media dan Konflik Budaya
  • Sem. Komunikasi Politik
  • Sem. Perenc. Komunikasi Org.
  • Sem. Teori Analisis Wacana
  • Sem. Industri TV dan Hiburan
  • Sem. Industri & Teknologi Kom.
  • Sem. Media dan Identitas
  • Sem. Media dlm Posmodernisme
  • Sem. Media dan Minoritas

 

MATAKULIAH WAJIB PROGRAM DOKTOR

SIK 91051 Seminar Perspektif dan Teori Komunikasi (3 sks)

Kuliah yang diselenggarakan dalam bentuk seminar ini membahas tentang (1) konsepsi, perspektif, dan perkembangan ilmu komunikasi sebagai ilmu pengetahuan yang bersifat multidisipliner, (2) teori dan model-model komunikasi serta, (3) aplikasinya dalam mengamati berbagai fenomena dan permasalahan komunikasi dalam tataran individu, kelompok dan organisasi serta makro-sosial, baik dalam konteks nasional, regional ataupun global. Prof. M. Alwi Dahlan, PhD.

SIK 91052 Seminar Perspektif dan Teori Komunikasi Massa (3 sks)

Seminar ini menitikberatkan pada pendalaman konsepsi, perspektif, pendekatan, model-model serta teori-teori komunikasi massa. Pokok bahasan mencakup kajian analitis dan kritis tentang kerangka teoritis dan konseptual, implikasi metodologis serta aplikasinya baik dalam situasi dan kondisi di Indonesia ataupun dalam konteks regional dan global. Prof. Sasa Djuarsa Sendjaja, PhD.   

SIK 92062 Seminar Filsafat  dan Etika Komunikasi (3 sks)

Kuliah ini akan menyoroti bagaimana ilmu komunikasi menjadi “ilmu normal” dalam pengertian filsafat ilmu Thomas Kuhn, bagaimana pandangan tentang komunikasi sebagai transmisi sebagaimana ditegaskan oleh filsuf empirisme John Locke dan para pakar komunikasi seperti Claude Shanon, Warren Weaver, Wilbur Schramm dan Nobert Wiener, menjadi “core” dari program riset komunikasi – meminjam istilah filsuf ilmu Imre Lakatos. Mengikuti Michel Foucault, kuliah ini juga menyoroti “kekuasaan” yang bermain dan memiliki kepentingan di balik “core” dari program riset “normal” dari ilmu komunikasi itu. Selanjutnya, diajukan beberapa “resistensi” dalam bentuk pandangan-pandangan alternatif tentang hakikat komunikasi. Akan diuji tiga pandangan yang masing-masing mendasarkan diri pada fenomenologi Edmund Husserl, pada hermeneutika Hans-Georg Gadamer, dan pada teori kritis Jurgen Habermas. Prof. Dr. Alois Agus Nugroho

SIK Seminar  Proposal  (3 kredit)

Setiap mahasiswa, secara individual, mengembangkan rancangan disertasi mereka dan membahasnya dihadapan rekan-rekan mahasiswa lain. Hasil penyajian akan menentukan perbaikan dan penyempurnaan yang harus dilakukan terhadap rancangan disertasi mahasiswa yang bersangkutan. Catatan: Setelah mahasiswa memperoleh predikat doktor (lulus ujian kualifikasi, yang menurut ketentuan sudah harus lulus pada akhir semester ke 3), mahasiswa bisa mengajukan proposal tersebut untuk diajukan  dalam ujian proposal.

SIK 90077 Colloquium (wajib – 1 kredit)

Colloquium merupakan seminar terbuka, dimana mahasiswa program doktoral yang telah memperoleh status resmi sebagai kandidat doktor (telah lulus ujian kualifikasi) menyajikan rancangan penelitian, hasil penelitian, dan rancangan disertasi mereka sebelum diujikan, dihadapan mahasiswa pascasarjana. Melalui colloquium diharapkan rancangan yang disajikan kandidat doktor bisa memperoleh penilaian dari khalayak umum, berupa kritik ataupun sumbang saran; dilain pihak, peserta mahasiswa pascasarjana yang mengikuti colloquium bisa memperoleh sebuah pengetahuan baru.

SIK 90099 DISERTASI (28 sks)

Setiap mahasiswa, secara individual, wajib menyusun disertasi setelah menyelesaikan semua mata kuliah yang syaratkan dan dinyatakan lulus dalam ujian pra-kualifikasi. Dalam menyusun disertasi, mahasiswa harus mengikui proses pentahapan yang terdiri dari, colloquim proposal, sidang proposal, colloquium hasil penelitian, Sidang hasil penelitian dan ujian terbuka atau promosi disertasi.

 

MATAKULIAH PILIHAN PROGRAM DOKTOR

SIK 91084 Seminar Teori-teori Kritis (3 sks)

Materi bacaan, diskusi dan presentasi dalam seminar difokuskan pada teori-teori yang berakar dari Frankfurt School beserta implikasi, kontribusi, dan relevansinya terhadap kajian-kajian komunikasi ataupun media massa. Disamping mengkaji perbedaan hakiki antara teori-teori kritis dengan teori-teori tradisional dalam ilmu-ilmu sosial, seminar juga membahas hasil-hasil kajian, teori, serta konsep-konsep yang diketengahkan oleh berbagai tokoh teori-teori kritis seperti Horkheimer, Marcuse, dan terutama sekali Habermas. Prof. Dr. T.M. Soerjanto Poespowardojo

SIK 91025 Seminar Media Dalam Teori-Teori Sosial (3 sks)

Kuliah ini dirancang agar mahasiswa memahami bahwa teori-teori media merupakan bagian dari teori-teori, tentang masyarakat, sehingga memahami pula bahwa kajian mengenai media tidak bisa terisolir dari konteks kemasyarakatn yang banyak dikaji dalam teori-teori sosiologi. Mata kuliah ini akan membahas berbagai teori sosiologi klasik dan modern, dan mahasiswa diharapkan bisa menempatkan kajian-kajian media yang ada di dalamnya. Prof. Dr. Paulus Wirutomo,  Drs. J.F. Warrouw,  MA

SIK 92086 Seminar Ekonomi-Politik Media (3 sks)

Tujuan matakuliah ini adalah untuk memperdalam penguasaan materi Ekonomi-Politik Media Massa sebagai kajian dalam tradisi teori-teori kritis. Bahasan kuliah khususnya menyangkut definisi, lingkup, konsep-konsep dasar, pokok perhatian utama, implikasi metodologi, serta varian-varian yang ada dalam kajian Ekonomi-Politik media massa (a.l., varian strukturalis, instrumentalis, dan konstruktivis). Dibahas pula persinggungan antara ekonomi-politik dengan cultural studies, konteks historis spesifik dari kajian ekonomi-politik yang ada pada dewasa ini, khususnya dalam kasus-kasus kontemporer yang ada di Tanah Air.  Dr. Pinckey Triputra, MSc, Dr. Ade Armando, MS.

SIK 90087 Seminar Kajian Budaya dan Media/Cultural Studies (3 sks)

Membahas komunikasi dan media dalam tradisi perspektif cultural studies. Materi pembahasan meliputi hasil-hasil kajian British Center for Contemporary Cultural Studies, hingga teori-teori postmodernisme dari Baudrillard, Derrida, Jameson, Lyotard, dan lainnya. Disamping itu seminar membahas pula perkembangan cultural studies, serta persinggungan dan pertentangan antara cultural studies dengan critical theories. Raphaela D. Dwianto, PhD.,  Aimee Dawis, PhD.

SIK 92038 Industri dan Teknologi Komunikasi (3 sks)

Kuliah ini menelaah perkembangan berbagai jenis industri komunikasi dan informasi, dari industri muatan (content) sampai ke industri penghantar dan pra-sarana (infrastruktur) – termasuk industri media (media massa tradisional, media baru dan multimedia), industri informasi, indistri jasa komunikasi – dalam kaitan dengan perkembangan teknologi. Dengan kuliah ini, mahasiswa diharapkan dapat memahami/mengikuti perkembangan industri dan teknologi komunikasi, serta tantangan yang ditimbulkannya terhadap ekonomi serta manajemen komunikasi, informasi dan media. Prof. M. Alwi Dahlan, PhD.

SIK 92036 Seminar  Industri Budaya (3 sks)

Mengkaji media sebagai bagian dari industri budaya. Pembahasan akan difokuskan pada proses-proses serta kekuatan-kekuatan yang mempengaruhi media dalam kedudukannya sebagi bagian dari industri budaya; disamping itu pembahasan juga akan mengangkat isu-isu permasalahan yang terkait dengan industri budaya, komodifikasi budaya, globalisasi media, hegemoni budaya, dan sebagainya. Dr. Ade Armando, MS

SIK 91033 – Seminar Kajian Industri Hiburan (3 sks)

Seminar ini lebih difokuskan pada kajian film sebagai media hiburan. Selain memperkenalkan berbagai aliran dalam Teori dan Kajian Film (Estetika, Semiotika, Psychoanalysis, Sejarah, dsb.), juga  membahas film dan perfilman dalam konteks ekonomi film yang industrial (Entertainment Industry, Cultural Industry, atau Creative Industry). Dr. Tanete AP Masak

SIK92037  Seminar Industri TV dan Hiburan (3 sks)

Dengan memfokuskan diri pada televisi, sebagai media yang dominan saat ini, seminar ini membahas berbagai aspek dalam industri pertelevisian yang memproduksi hiburan menjadi komoditi antara lain faktor-faktor yang berhubungan atau turut mempengaruhi proses produksi dan konsumsi hiburan dalam industri televisi hiburan. Selain itu juga akan dibahas arah dan karakteristik Industri TV di Indonesia, serta pengaruhnya terhadap dunia hiburan ataupun budaya secara umum. Dr.  Ishadi S.K., MSc

SIK 92046 Teori dan Analisis Wacana  (3 sks)

Mata kuiah ini akan memberikan para peserta kemampuan teoritis, metodologis, dan praktis mengenal Analisis Wacana, baik wacana media (media discourse) maupun wacana secara umum. Setelah mengikuti kuliah ini, para peserta diharapkan dapat menjadi analis media khususnya, dan analis wacana umumnya, dengan mempergunakan berbagai paradigma, klasik, konstruktivis, ataupun kritis. Prof. Dr. Ibnu Hamad MSi.,  Dr. Udi Rusadi, MSi

SIK 91032 Teori Komunikasi Dalam Organisasi (3 sks)

Kuliah ini membahas hubungan interaksional antara komunikasi dan organisasi dalam perkembangan teori dan praktek. Teori organisasi dan komunikasi berkembang dalam dinamika saling keterkaitan dan saling mempengaruhi, sedangkan proses kerja dan kelangsungan hidup organisasi tergantung pada sistem komunikasi – baik sistem komunikasi formal maupun informal – yang secara integral  mengintegrasikan segenap anggota organisasi dan secara eksternal membuat organisasi adaptif terhadap perkembangan lingkungannya. Secara khusus, dibahas aliran-aliran teori dengan persoalan-persoalan metodologis yang berkaitan dengan jenjang-jenjang komunikasi, jaringan komunikasi, teknik-teknik komunikasi, dan gaya kepemimpinan melalui penciptaan iklim dan budaya komunkasi keorganisasian sebagai manifestasi dari strategi komunikasi dengan segenap kelompok konstituensi publiknya. Prof. Andre Hardjana, PhD., Dr. Dorien Kartikawangi, MSi

SIK 91047 Seminar Komunikasi Antar Budaya (3 sks)

Dalam matakuliah ini dikaji berbagai aspek yang berkaitan dengan proses komunikasi antarbudaya, yaitu komunikasi yang terjadi bilamana para pelakunya memiliki latar belakang kebudayaan yang berbeda sedemikian rupa sehingga mempengaruhi keefektifan komunikasi. Termasuk dalam aspek yang dibahas adalah unsur-unsur kebudayaan yang dapat berpengaruh seperti orientasi nilai, sikap, keyakinan, organisasi sosial, identitas sosial, kategorisasi sosial, komparasi sosial serta hal-hal yang menyertainya antara lain etnosentrisme, stereotip, prasangka. Disamping pemahaman akan berbagai teori dan konsep dasar, diskusi juga diarahkan pada : pengkajian berbagai kasus, termasuk konflik antarbudaya dalam berbagai konteks sosial, pembahasan kompetensi komunikasi antarbudaya serta pendekatan untuk penelitian. Prof. Dr. Ilya R. Sunarwinadi, MSi

SIK 91025 Seminar Komunikasi Politik (3 sks)

Seminar membahas dimensi komunikasi dalam proses serta tatanan kehidupan politik  dari berbagai perspektif ilmu-ilmu sosial. Pembahasan juga akan mencakup relasi kekuasaan antara media dan pemerintah dalam konteks teori-teori persuasi dalam komunikasi politik, manajemen issue dalam proses-proses politik, peran retorika politik, propaganda dan kampanye politik,  yang kesemuanya dikaitkan dengan berbagai kasus klasik ataupun kontemporer, baik yang ada di Tanah Air atau di, negara lain. Prof. Dr. Harsono Suwardi, MA., Dr. Effy Rusfian, MSi

SIK 91030 Seminar Media dan Konstruksi Sosial (3 sks)

Matakuliah Media dan Konstruksi Realitas (Media and the Social Construction of Reality), dirancang untuk memberikan pemahaman tentang bagaimana media berperan dalam membentuk realitas sosial dilihat dari perspektif konstruktivisme. Pembahasan mencakup, antara lain: definisi konsep-konsep yang digunakan, teori-teori pembentukan realitas sosial, cara pandang pendekatan konstruktivisme beserta implikasinya, beberapa teori dan faktor-faktor media yang mempengaruhi pembentukan realitas sosial. Keseluruhan seminar akan dibagi menjadi dua bagian. Bagian pertama membahas konsep dan teori, sedangkan bagian berikutnya diisi dengan presentasi kasus, tugas-tugas bacaan dan diskusi kelas dengan mengemukakan contoh-contoh realitas sosial terkini. Dr.  Arintowati H. Handoyo, MA., Hanneman Samuel, PhD.

SIK92039  Seminar Media dan Identitas (3n sks)

Seminar ini membincangkan posisi dan eksistensi berbagai kelompok sosial dalam masyarakat (kelas sosial, ras, agama, etnik, budaya, orientasi politik serta seksual, dsb.) serta perubahan yang terjadi karena pengaruh media. Peranan media dalam menyeleksi, memilah, dan menyiarkan kelompok masyarakat tertentu dalam membangun indentitas menjadi bagian bahasan seminar. Seminar juga memberikan kesempatan kepada mahasiswa mengemukakan pandangannya tentang praktek media massa dalam masalah-masalah identitas. Prof. Dr. Zulhasril Nasir, MSi.

SIK 92040 Seminar Media dan Posmodernisme (3 sks)

Disamping memperkenalkan pemikiran-pemikiran posmodernisme sebagai kritik atau penolakan terhadap berbagai metanarrasi modernisme, mata kuliah ini memfokuskan diri pada kajian-kajian posmodernisme yang berkaitan dengan media, khususnya kajian-kajian dari posmodernis seperti Baudrillard dan Bordieu. Dibahas juga implikasi metodologi dari posmodernisme terhadap studi media. Dr. Haryatmoko

SIK 92041 Seminar Media dan Minoritas (3 sks)

Mengkaji fenomena yang berkaitan dengan akses yang diberikan media kepada berbagai kelompok  minoritas,  akomodasi media terhadap selera dan kepentingan krlompok-krlompok tersebut. Selain itu  juga dikaji bagaimana representasi kelompok-kelompok tersebut dalam media. Kajian akan mencakup  Kajian akan mencakup berbagai kelompok minoritas, baik dari segi etnis, agama, gender , sosial, dan ekonomi. Dr. Billy K. Sarwono, MA, Dr. Sunarto, M.Si

SIK 92406 Seminar Media dan Konflik Antar Budaya (3 sks)

Membahas bagaimana media dalam menjalankan fungsinya sebagai pencerah dan pengubah pengetahuan masyarakat melakukan reproduksi berbagai peristiwa konflik budaya dalam isi liputan dan sajiannya. Bagaimana konstruksi realitas yang dilakukan oleh media tidak terlepas dari berbagai factor internal ataupun eskternal media, baik ideologi, politik, ekonomi, maupun sejarah. Diskusi dan kajian terhadap isi media dilakukan melalui penggalian berbagai sisi tersebut . Prof. Dr. Ilya R. Sunarwinadi, Dr. Turnomo Rahardjo,M.Si

 

PILIHAN BERSYARAT

SIK 91031 Seminar Perencanaan Komunikasi Organisasi (3 sks)

Membahas kebijakan komunikasi sebagai bagian integral dalam manajemen strategis organisasi – baik organisasi bisnis, lembaga publik, lembaga(milik) pemerintah, maupun masyarakat – yang direncanakan dan dilaksanakan demi efektivitas kinerja. Secara khusus, pengertian konsep, proses, dan fungsi manajemen strategis dengan komponen-komponen kebijakan, perencanaan, evaluasi, dan metodologi riset, seperti riset kebijakan, riset evaluasi, dan studi kelayakan maupun teknik-tenik analisis yang dapat menghasilkan rekomendasi kebijakan atau program baru. Mahasiswa diharapkan mampu mencapai pemahaman dan keahlian dalam merencanakan kebijakan komunikasi dan mengevaluasi efektifitasnya dalam pelaksanaan sistem ataupun program, baik pada tingkatan makro maupun mikro. (Persyaratan: Telah mengikuti Komunikasi Dalam Organisasi). Prof.  Andre Hardjana, PhD., Dr. Dorien Kartikawangi